Info BKN: Honorer Ingin Jadi PNS, Harus Lolos Tes Rekrutmen

Posted on

Info BKN: Honorer Ingin Jadi PNS, Harus Lolos Tes Rekrutmen

Kali ini berkaitan dengan BKN dan PNS. Jadi berasal dari info BKN, info BKN P3K, info BKN profil PNS, info BKN 2019. Selain itu, hal ini berkaitan dengan honorer, honorer K1, honorer K1 2019, honorer K2, honorer 2019, honorer K2 2019, honorer K2 terbaru, honorer K2 maret 2019, honorer K2 mei 2019, honorer K2 diangkat jadi PNS, honorer ingin jadi PNS, jadi PNS. Untuk PNS bisa jadi PNS 2019, PNS 2018, tetapi memang harus lolos tes, lolos tes rekrutmen, lolos tes CPNS, lolos tes TNI, lolos tes buta warna, lolos tes psikotes juga termasuk juga. Tes rekrutmen, tes rekrutmen CPNS, rekrutmen, rekrutmen CPNS.

Subscribe channel kami untuk dapat info video terbaru:
https://www.youtube.com/channel/UCHM_L5bvu-rVUGYlQ7IkHFg?sub_confirmation=1

Rekomendasi video:

1. Pesan Menpan Untuk Honorer

2. Apakah Pensiunan dan Honorer Dapat Gaji Ke-13?

3. Menpan Prioritaskan Guru Honorer di CPNS & P3K

4. CPNS 2019 Bulan Oktober, Catat Dokumen Penting Ini

5. Honorer Diangkat Jadi PNS? Simak Syarat & Ketentuan Ini

Jangan lupa untuk terus support kami, bisa dengan klik like dan share video kami. Tulis saja di kolom komentar jika ada yang ingin ditanyakan.

Info BKN: Honorer Ingin Jadi PNS, Harus Lolos Tes Rekrutmen
#tutorcpns #penerimaancpns2019 #informasihonorer

TUTOR CPNS

Badan Kepegawaian Negara (BKN) membocorkan kisi-kisi soal perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2019.

Kisi-kisi soal ini bisa menjadi panduan bagi anda yang ingin ikut seleksi PPPK atau P3K.

BKN resmi mengumumkan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Kepala Humas BKN, Mohammad Ridwan menjelaskan, penerimaan PPPK tahap I ini hanya terbuka untuk tiga formasi bidang, yakni guru, tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian.

Sementara pada tahap II baru akan dibuka untuk dosen perguruan tinggi negeri baru dan tenaga penyuluh pertanian.

pppk pppk
Baca: Rekrutmen PPPK Resmi Dibuka Hari ini, Portal sscasn.bkn.go.id Bisa Diakses Mulai Pukul 16.00 WIB

Baca: Kampus Unsulbar Disegel, Plt Rektor Nilai Tuntutan Aliansi Ranahnya Kementerian

Baca: INGAT, Link Penerimaan PPPK sscasn.bkn.go.id Hanya Bisa Diakses Mulai Jam 4 Sore, Ini Panduannya

Mereka yang bisa mendaftar PPPK 2019 adalah eks tenaga honorer K2 yang telah masuk database BKN sejak 2013.

“Jumlah PPPK yang akan diterima 150 ribu orang. Namun, di tahap I ini tergantung berapa provinsi dan kabupaten yang ikut,”kata Ridwan.

Seleksi akan berlangsung di 540 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Ridwan juga mengumumkan jadwal resmi tahapan pendaftaran PPPK 2019 tahap I:

Login sscasn.bkn.go.id, Pendaftaran PPPK 2019 Dibuka Hari Ini, Berikut Jadwal, Syarat, Formasi
Login sscasn.bkn.go.id, Pendaftaran PPPK 2019 Dibuka Hari Ini, Berikut Jadwal, Syarat, Formasi (Tribunnews)
Berikut jadwal lengkapnya:

Pengumuman: 8 Februari 2019
Pendaftaran Online: 10-16 Februari 2019
Validasi data: 10-16 Februari 2019
Verifikasid data pelamar: 17 Februari 2019
Pengumuman Seleksi administrasi: 18 Februari 2019
Tes CAT: 23-25 Februari 2019
Pengumuman Akhir : 1 Maret 2019
“Verifikasi dan validasi yang dilakukan sejumlah kementerian, seperti Kemdikbud dan Kemenag. Selain itu, bergantung pada pemerintah daerah,” tambah Ridwan.

Menurutnya, pemerintah daerah bertugas memverifikasi data calon PPPK.

“Kita harap sebelum Pilpres 2019, seluruh CPNS dan PPPK yang lulus sudah bisa masuk di instansi masing-masing. PPPK tetap bekerja di instansinya, tapi sudah status PPPK,”jelas Ridwan.

Bocoran Soal

Kepala Biro Humas BKN, Muhammad Ridwan memberi sedikit bocoran mengenai tahapan tes seleksi untuk PPPK tersebut.

Meskipun tidak akan ada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), namun para calon PPPK tetap akan melaksanakan tes menggunakan komputer atau Computer Assisted Test(CAT).

“Kisi-kisi soalnya nanti tidak akan SKD. Jadi setelah seleksi administrasi akan ada seleksi manajerial, sosio kultural dan teknis,” jelasnya di Jakarta, Jumat (8/2).

Ridwan menambahkan tes ini tidak akan sesusah SKD pada seleksi CPNS.

“Nanti soalnya dijamin tidak susah, misal untuk guru ya akan di tes mengenai guru lagi. Tapi kan itu sudah menjadi kegiatan mereka sehari-hari,” ujarnya.

“Soal untuk PPPK tidak akan out of the box, misalnya lagi tenaga kesehatan nanti akan dites bagaimana cara mereka melayani orang-orang seperti biasanya.

Jadi tidak akan ada yang gagal karena jawabannya sudah dilakukan setiap hari oleh mereka, jadi tidak akan lagi yang gagal pas CAT seperti CPNS yang gagal saat SKD di TKP atau TKW lainnya,” tandasnya.

Materi Ujian

Tak seperti seleksi CPNS, calon PPPK tak perlu mengikuti Tes Kompetensi Dasar.

Namun, tahapan tes yang mereka akan lalui meliputi manajerial dan sosio kultural.

Namun, tetap menggunakan sistem Computer Assited Test atau CAT.

Selain itu, calon PPPK juga akan mengikuti tes wawancara mengenai wawasan kebangsaan.

Contoh Soal

Terkait Soal Tes Seleksi PPPK ditegaskan dalam pasal Pasal 19 PP Nomor 49 Tahun 2018 bahwa Seleksi pengadaan PPPK terdiri atas 2 (dua) tahap yakni a) seleksi administrasi; dan b) seleksi kompetensi.

Adapun yang dimaksud Seleksi administrasi adalah proses untuk mencocokkan persyaratan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen pelamaran.

Sedangkan Seleksi kompetensi dilakukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Selanjutnya dijelaskan dalam Pasal 22 PP Nomor 49 Tahun 2018 bahwa Seleksi kompetensi teknis terdiri atas: a) Seleksi kompetensi untuk jabatan yang mensyaratkan sertifikasi profesi; dan b) Seleksi kompetensi untuk jabatan yang belum mensyaratkan sertifikasi profesi.

Seleksi kompetensi teknis untuk jabatan yang mensyaratkan sertifikasi profesi dilakukan dengan uji kompetensi untuk menentukan peringkat.

Sedangkan Seleksi kompetensi teknis untuk jabatan yang belum mensyaratkan sertifikasi profesi dilakukan dengan uji kompetensi untuk menentukan ambang batas kelulusan dan peringkat.

Berdasarkan uraian di atas Soal Tes Seleksi PPPK untuk Jabatan Guru diprediksi soal tes akan sama dengan Soal UKG atau mirip dengan soal Tes SKB CPNS Guru.

Jadi mengacu pada pasal 22 PP Nomor 49 Tahun 2018, Soal Tes Seleksi PPPK guru akan sama dengan Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) atau soal Tes SKB CPNS Guru.

Bagi yang sudah pernah mengikuti UKG, Pretes PPG, SKB dan lainnya tentu seleksi seperti ini tidak asing lagi dan mudah-mudah dapat lulus.

Berikut link Kisi-kisi soal PPPK 2019: KLIK DISINI

6 thoughts on “Info BKN: Honorer Ingin Jadi PNS, Harus Lolos Tes Rekrutmen

  1. Honorer m'abdi puluhan tahun, di atas 35 th berani bersaing dg umur umum umur under age 35, mohon diperbolehkan ikut tes CPNS 2019, Kabulkanlah yaa Alloh, yaa Mujib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *