subeng

Jual subeng/ suweng Bali

Posted on

Jual subeng/ suweng Bali

Ayo dipilih bunda…..minat wa 08970240853

subeng
subeng

Jika anda tanya apa saja yang telah berubah, mungkin jawabannya banyak, termasuk juga masalah fashion. Namun ternyata, ada beberapa hal yang masih tetap langgeng hingga sekarang, sebagai ciri utama gadis atau perempuan Bali dalam hal khazanah busana, yaitu:

Memakai Subeng 
Subeng adalah hiasan telinga yang terbuat dari daun lontar. Subeng dapat dikatakan sebagai anting-antingnya perempuan Bali tempo dulu.  Seiring perkembangan zaman, gadis bali sekarang sudah tidak ada lagi yang memakai subeng yang terbuat dari daun lontar, tapi subeng yang terbuat dari emas, perak atau berbahan plastik. Subeng merupakan ciri unik sebagai sosok perempuan Bali. Subeng biasanya dipakai saat memakai pakaian adat dalam acara pernikahan, mapendas (potong gigi), ke pura, dan acara keagamaan lainnya.

Hiasan Bunga Kamboja / Cempaka di Rambut 
Selain digunakan sebagai sarana upacara keagamaan, bagi gadis Bali, bunga kamboja merupakan perlambang kesucian dan bunga cempaka (sandat) adalah ketulusan. Mahkota rambut gadis Bali biasanya dihiasi oleh bunga cendana atau kamboja untuk mempercantik diri. Menghias rambut dengan  bunga-bunga tersebut biasanya dilakukan saat berpakaian adat Bali menuju ke pura atau merajan.

 

Mengenakan Anteng 
Anteng adalah lembaran kain tradisional yang dipakai melilit untuk bagian dada perempuan Bali. Di zaman dahulu, sebelum masyarakat Bali mengenal baju modern, para perempuan Bali biasanya menggunakan kain anteng untuk menutupi bagaian dada saat menuju ke pura atau sanggah merajan, sebagai suatu bentuk norma kesopanan.

Kini perempuan Bali dalam mengikuti suatu prosesi adat dan keagamaan biasanya menggunakan baju kebaya dengan berbagai motif dan modelnya. Namun, tradisi menggunakan kain anteng masih sering digunakan terutama saat seorang gadis Bali menggunakan pakaian adat agung (mewah). Pakaian adat agung ini biasanya digunakan saat resepsi pernikahan atau prosesi medeeng   (kegiatan upacara ngaben).

Itulah beberapa ciri khas gadis bali yang menyangkut fashion sebagai pembeda dari perempuan-perempuan lain di dunia.

3 Jenis Perubahan yang Terjadi pada Gadis Bali
Kemajuan zaman telah membawa banyak perubahan pada kehidupan masyarakat Bali. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga turut mengubah wajah pulau Bali. Perubahan adat tradisional, gaya hidup, budaya, dan hubungan sosial disebabkan oleh sistem budaya Bali yang terbuka. Kedatangan wisatawan asing yang membanjiri Pulau Bali dan globalisasi dunia juga memberikan kontribusi terhadap perubahan paradigma pulau Bali, keduanya memberikan efek positif dan negatif. Perubahan perkembangan yang terjadi di Bali dapat dilihat dari semua sisi, salah satunya adalah kehidupan gadis Bali itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *