Khabib Nurmagomedov yang Fenomenal Rebut Juara kelas Ringan

Posted on

Khabib sang juara, saat ini memang dialah Khabib Nirmagomedov yang baru-baru ini berhasil rebut gelar juara dunia kelas ringan versi organisasi UFC. Perebutan gelar juara tarung bebas ini memang penuh dengan aroma permusuhan sejak sebelum pertandingan dimulai hingga setelah Khabib memenangkan pertandingan dengan kuncian mematikan yang memaksa Gregor musuhnya menyerah kalah.

Demikian fenomenal pertarungan perebutan gelar juara yang memaksa penggemar olah raga bela diri terpaksa harus berdebar kencang selama pertandingan berlangsung.

Bahkan seorang facebooker menulis dengan penuh emosional perihal seorang Khabib, berikut coretannya..
Allahu akbar.. Barusan saya telah upload video ttg laga antara Khabib Nurmagomedov dan Connor McGregor, tapi saya tak tahu alasan Facebook mengapa video tersebut diblokir. Yg jelas hanya satu keterangan yg tertulis: VIDEO ANDA DIBLOKIR DI SELURUH DUNIA. Video yg saya upload adalah kiriman dari seorang teman di Uzbekistan.

Jadi terpaksa postingan saya ini tanpa video, videonya bisa ditonton di status saya sebelumnya, video yg saya share di status saya itu adalah milik orang lain.

Berikut ini kronologi penghinaan agama, orang tua dan negara kepada Khabib Nurmagomedov (Rusia) yg dilakukan oleh Conor McGregor (Irlandia) saat laga dalam ajang UFC 229 pada tgl 6 Oktober 2018 di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat.

Kronologi kejadian:
1. Kubu McGregor melempar pendukung atau fans Khabib.
2. Saat pertemuan sebelum laga dalam sesi Tanya Jawab (Q&A), McGregor menyuruh Khabib meminum minuman keras namun McGregor menolak dgn mengatakan “saya tak bisa dan tak pernah meminum minuman keras karena Islam melarang utk itu”, lalu McGregor menaikkan kaki ke atas meja pertemuan sambil memaki Khabib yg cukup provokatif dgn mengatakan ibunya pelacur dan ayahnya teroris. Di kesempatan itu Khabib tetap bersabar.
3. Salah seorang wartawan memberikan salam dgn mengucapkan “Assalamu’alaikum utk Khabib. Selamat buat McGregor telah disponsori oleh Twelve (merk whisky terkenal)”. Lalu Khabib protes jangan rangkai kata Assalamu’alaikum dgn whisky. Karena Khabib protes lalu McGregor mengolok cara umat Islam memberikan salam.
4. McGregor sesumbar sambil memaki dan akan menghabisi Khabib di atas ring, namun Khabib tetap bersabar.
5. Saat laga dilakukan, McGregor kena pukulan maut dan kuncian leher dari belakang (rear naked choke) yg membuat McGregor menyerah kalah.
6. Setelah McGregor kalah, ia memaki lagi dgn ucapan kasar, sampai Khabib keluar ring mengejar orang-orang yg telah menghina agama, orang tua dan negaranya.

Sabtu malam (6/10/2018), laga utama UFC 299 antara Khabib Nurmagomedov dan Conor McGregor, menjadi yang paling ditunggu-tunggu.
Laga tersebut diselenggarakan di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat.
Sehari sebelum laga, atmosfer panas pertandingan ini sudah terasa saat McGragor dan Khabib melakukan sesi timbang badan.
Seperti biasanya, McGragor memanfaatkan momen tersebut untuk melancarkan psy war dan trash talk kepada lawannya itu.
Tetapi, pembuktian siapa yang paling tangguh di octagon berhasil diukir Khabib Nurmagomedov.
Ia berhasil memenangkan pertarungan setelah McGragor melakukan tap out (sinyal menyerah) karena tak kuasa menahan kuncian leher yang dilakukan Khabib.
Tidak banyak yang tahu, selain berhasil mengalahkan McGragor atau rekor kemenangan 29 kali tanpa kekalahan, ada fakta menarik lain dari sosok Khabib Nurmagomedov.

Bagi yang ingin tahu lebih banyak tentang Khabib sang juara berikut ini bisa disimak bersama.
Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov (bahasa Rusia: Хабиб Абдулманапович Нурмагомедов; AvarTemplat:Lang-av; lahir di Slidi, Rusia, 20 September 1988; umur 30 tahun) adalah seorang Rusia yang berprofesi sebagai seniman bela diri campuran dari etnis Avar yang saat ini Juara UFC kelas Ringan.[4] Nurmagomedov juga dua kali Juara Dunia Combat Sambo dan memegang sabuk hitam dalam Judo. Dia saat ini memegang rekor tak terkalahkan beruntun dalam sejarah MMA, dengan 27 kemenangan,[5] dan yang merupakan orang Rusia pertama dan orang Muslim pertama yang memenangkan gelar UFC.[6][7] Per 24 September 2018, dia adalah nomor #8 pada Peringkat Resmi UFC pound-for-pound.

Khabib Nurmagomedov lahir pada tanggal 20 September 1988 di desa Sildi di Kabupaten Tsumadinsky di Dagestan, Rusia,[10][11][12] sebelum pindah ke ibukota negara Makhachkala di masa kecilnya, dan kemudian beranjak remaja ke Kiev, Ukraina, di mana ia berlatih Dobro. Dia adalah anak kedua dari tiga bersaudara, kakaknya bernama Magomed dan adik perempuannya bernama Amina. keluarga ayahnya telah pindah dari Sildi, Kabupaten Tsumadinsky ke Kirovaul, di mana sang ayah mengubah lantai dasar dari rumah dua lantainya menjadi ruang olahraga. Nurmagomedov dibesarkan dalam rumah tangga dengan saudara dan sepupunya.[13] Minatnya dalam seni bela diri dimulai ketika menonton siswa pelatihan di ruang olahraga.[14][15]

Seperti yang umum dengan banyak anak-anak di Dagestan, ia mulai gulat sejak usia dini: ia dimulai pada usia enam tahun di bawah asuhan ayahnya Abdulmanap Nurmagomedov.[16] seorang atlet dan seorang veteran dari Tentara yang berjasa, ayahnya juga telah bergulat sejak usia dini, sebelum menjalani pelatihan di judo dan sambo di militer.[17] Pada tahun 2001, keluarganya pindah ke Machachkala,[18] di mana ia dilatih di gulat di usia 12 tahun, dan Judo dari usia 15 tahun. Dia mulai pelatihan di combat sambo lagi di 17 di bawah ayahnya.[19] Menurut Nurmagomedov, transisi dari gulat ke judo itu sulit, tetapi ayahnya ingin dia untuk mendapatkan digunakan untuk bersaing di gi jaket. Abdulmanap saat ini pelatih senior untuk sambo tempur tim nasional di Republik Dagestan, melatih beberapa atlet sambo dan gulat di Makhachkala, Rusia. Nurmagomedov sering ikut dalam perkelahian jalanan di masa mudanya, sebelum memfokuskan perhatiannya pada seni bela diri campuran.

Awal karir
Khabib Nurmagomedov membuat debut profesional MMA pada bulan September 2008 dan dengan cepat membukukan empat kemenangan dalam satu bulan. Pada oktober 11, Nurmagomedov menjadi juara perdana turnamen Piala Atrium, setelah mengalahkan tiga lawan di Moskow. Selama tiga tahun berikutnya ia tak terkalahkan, mengalahkan 11 dari 12 lawan. Termasuk penyelesaian armbar ronde pertama penantang gelar Bellator masa depan bernama Shahbulat Shamhalaev, yang menandai debut perdana di M-1 Global . Pada tahun 2011, ia akan pergi untuk bersaing di promosi ProFC. Tahun itu saja dia berkompetisi di tujuh pertandingan, semua dimenangkan dengan TKO atau menyerah. Rekor 16-0 sempurna di regional Rusia dan Ukraina sudah cukup untuk mendapatkan panggilan dari UFC.[21][22]

Ultimate Fighting Championship Sunting
Pertandingan awal dan perburuan juara Sunting
Pada akhir 2011, Nurmagomedov menandatangani persetujuan 6 pertandingan untuk berkompetisi di kelas ringan UFC.

Dalam debutnya di UFC, pada tanggal 20 januari 2012 pada pertandingan UFC FX 1, Nurmagomedov mengalahkan Kamal Shalorus setelah menyerah di ronde ketiga.[23]

Nurmagomedov kemudian mengalahkan Gleison Tibau pada 7 Juli 2012 pada UFC 148 dengan unanimous decision.[24]

Nurmagomedov pertarungan berikutnya melawan Thiago Tavares pada tanggal 19 januari 2013 di UFC FX 7.[25] Ia memenangkan KO di babak pertama.

Nurmagomedov mengalahkan Abel Trujillo pada tanggal 25 Mei 2013 di UFC 160 melalui unanimous decision. Pada saat penimbangan, Nurmagomedov memiliki berat badan diatas batas yang diizinkan, dengan berat 158.5 lb. Dia diberi waktu dua jam untuk mengurangi berat tubuhnya agar memenuhi ketentuan kelas ringan yang maksimum 156 kilogram, tapi akhirnya ia memilih untuk menyerahkan persentase tandingnya melawanTrujillo dan pertarungan itu dilakukan secara catchweight.[26] Dalam pertarungan tiu, Nurmagomedov membuat rekor baru UFC sebagai yang paling banyak melakukan takedowns dalam satu pertarungan dengan 21 sukses takedowns dari 27 usaha.

Di pertarungan UFC kelima, pada 21 September 2013 di UFC 165, Nurmagomedov menghadapi Pat Healy.[27] Ia memenangkan pertarungan melalui unanimous decision. Presiden UFC Dana White hadir pada konferensi pers akhir pertandingan, memuji pendatang baru dengan pernyataannya, “Bantingan itu, ketika dia mengaut dan membanting, gaya Matt Hughes. Yang mengingatkan saya kepada Matt Hughes di mana ia berlari mengitari lawannya di Octagon dan membantingnya. Anak ini lebih menarik. Kita mungkin akan melakukan hal-hal besar dengan anak ini.”[28]

Pada bulan desember, Nurmagomedov ditantang Gilbert Melendez di media sosial, dengan keduanya kemudian diharapkan untuk berhadapan di UFC 170 pada 22 februari 2014.[29] Namun, pertarungan itu dibatalkan untuk alasan yang tidak diungkapkan,[30] dengan Melendez kemudian digantikan oleh Nate Diaz. Namun, pertandingan itu lagi-lagi dibatalkan karena Diaz ternyata menolak.[31] Nurmagomedov menyatakan kekecewaannya dan muncul di MMA Hour, “Jika mereka mengatakan bahwa mereka bersedia untuk melawan yang terbaik, mereka harus melawan yang terbaik. Jika mereka mau, aku akan melawan keduanya sekaligus di ring.”[32]

Nurmagomedov berikutnya menghadapi Rafael dos Anjos pada 19 April 2014 di UFC Fox 11.[33] Ia mendominasi pertarungan dan menang unanimous decision.

Nurmagomedov sempat dikaitkan dengan pertarungan lawan Donald Cerrone pada 27 September 2014 di UFC 178.[34] Namun, pasangan itu dengan cepat dihapus setelah terungkap bahwa Nurmagomedov telah menderita cedera lutut.[35] Ia kemudian diharapkan untuk menghadapi Donald Cerrone pada 23 Mei 2015 di UFC 187.[36] Namun, Nurmagomedov ditarik keluar dari pertarungan pada 30 April karena cedera lutut berulang. Ia digantikan oleh John Makdessi.[37]

Nurmagomedov diharapkan untuk menghadapi Tony Ferguson pada 11 desember 2015 di The Ultimate Fighter 22 Finale.[38] Namun, Nurmagomedov ditarik keluar dari laga di akhir oktober karena cedera, dan digantikan oleh Edson Barboza.[39]

Pertarungan dengan Ferguson itu dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 16 April 2016 di UFC Fox 19.[40] Namun, pada 5 April, Ferguson ditarik keluar dari pertarungan karena masalah paru-paru .[41] Ferguson digantikan oleh pendatang baru Darrell Horcher di catchweight 160 lb.[42] Nurmagomedov memenangkan berat sebelah dengan TKO di ronde kedua.

Pada bulan September, Nurmagomedov menandatangani dua kontrak untuk perebutan gelar melawan juara bertahan UFC kelas Ringan, Eddie Alvarez, di pertarungan UFC 205 atau UFC 206, dengan Dana White mengkonfirmasikan pertarungan keduanya di UFC 205.[44][45] Namun, pada September 26, UFC mengumumkan bahwa Alvarez malah akan mempertahankan gelar melawan Conor McGregor.[46] Nurmagomedov menyuarakan ketidaksenangan-nya di media sosial, memanggil Alvarez “juara omong kosong” karena menolak melawan dan sebaliknya memilih untuk bertarung dengan McGregor,[47] menuduh UFC menjadi “pertunjukan orang aneh”.[48]

Sebagai pengganti perburuan gelar, lawan Nurmagomedov berikutnya yang dihadapi adalah Michael Johnson pada 12 November 2016 di UFC 205.[49] Setelah yang terhantam pukulan di babak pertama, Nurmagomedov mengembalikan ketenangannya dan mendominasi di sisa laga, dan akhirnya menang karena lawan menyerah di ronde ketiga.

Pertarungan dengan Ferguson dijadwalkan untuk ketiga kalinya di UFC 209 pada tanggal 4 Maret 2017, untuk Kejuaraan kelas Ringan sementara.[51] Nurmagomedov, sayangnya jatuh sakit karena gagal mengurangi berat badan, dan pertarungan itu dibatalkan karenanya.[52][53]

Nurmagomedov menhadapi Edson Barboza pada 30 desember 2017 di UFC 219.[54] Nurmagomedov mendominasi dalam tiga ronde pertarungan, menjatuhkan Barboza berkali-kali dan mendominasi pertarungan dengan mengandaskan dan pukulan. Dia memenangkan pertarungan dengan keputusan bulat, dengan skor tipis 30-24 di 3 semua catatan angka. [55] kemenangan Ini juga membuatnya mendapatkan bonus Pertunjukan Malam yang pertama.[56]

Juara UFC kelas Ringan Sunting
Pertarungan dengan Ferguson telah dijadwalkan untuk keempat kalinya dan diharapkan untuk mengambil tempat pada tanggal 7 April 2018 di UFC 223.[57] Namun, pada tanggal 1 April 2018, dilaporkan bahwa Ferguson cedera lututnya dan akan digantikan oleh Max Holloway.[58][59] Pada April 6, Holloway ditarik dari pertarungan setelah New York State Athletic Commission (NYSAC) menyatakan dia tidak layak untuk bersaing karena pengurangan berat badan yang ekstrim, dan digantikan oleh Al Iaquinta. Hanya Nurmagomedov yang memenuhi syarat untuk memenangkan kejuaraan, karena berat badan Iaquinta ditimbang lebih nol koma dua pound diatas batas berat kejuaraan.[60] Nurmagomedov mendominasi pertarungan, mengendalikan Iaquinta dari awal sampai akhir, dan menang melalui keputusan bulat untuk menjadi Juara UFC kelas Ringan.[61]

Pada Jumat 3 Agustus 2018, diumumkan bahwa Nurmagomedov akan mempertahankan gelarnya yang pertama di UFC kelas ringan terhadap Conor McGregor di UFC 229 pada 6 Oktober di Las Vegas.

Tidak banyak yang tahu tentang kehidupan pribadi sang Khabib tapi berikut ini seperti yang ditulis di wikipedia.
Nurmagomedov menikah pada bulan juni 2013. Ia memiliki seorang putri dan seorang putra.[63] Dia adalah penggemar klub sepakbola Anzhi Makhachkala dan Real Madrid serta tim nasional rusia.

Dia juga telah dilatih dengan SC Bazarganova di Kizilyurt, Dagestan (2012),[64] Mamishev Fight Team di Saint Petersburg (2012),[65] Fight Spirit Team di Kolpino, St. Petersburg (2013),[66] dan Tim KHK MMA di Bahrain (2015).[67] Pada tahun 2016, ia mendirikan tim sendiri, “Eagles MMA Team “, dengan Ziyavudin Magomedov.[68] Petarung Lainnya di Eagles MMA Team termasuk Ali Bagautinov, Vitaly Minakov, Islam Makhachev, Vladimir Mineev, Sergey Pavlovich, Akhmed Aliev, dan Mikhail Mokhnatkin. Penganut Muslim Sunni yang taat, penampilan Nurmagomedov di game EA Sports UFC 2 menimbulkan kontroversi, karena karakternya melakukan selebrasi dengan membuat tanda salib Ortodoks (kanan ke kiri) pada setiap kemenangan. EA meminta maaf dan mengatakan bahwa mereka akan memperbaiki kesalahan.

Adapun prestasi yang pernah diraihnya adalah sebagai berikut.
Mixed martial arts Sunting
Ultimate Fighting Championship
Kejuaraan UFC kelas Ringan (Satu kali, saat ini)
Juara UFC kelahiran Rusia yang pertama
Paling banyak melakukan takedowns dalam satu UFC fight (21 takedowns pada 27 upaya; 3 putaran) vs Abel Trujillo.[70]
Pertunjukan Malam hari (Satu kali) vs Edson Barboza[71]
Atrium Cup
pemenang turnamen Pankration Atrium Cup 2008
M-1 Global
M-1 Challenge: terpilih 2009
Sherdog.com
2013 Breakthrough Fighter of the Yea.[72]
2016 Beatdown of the Year (vs. Michael Johnson).[73]
2016 Comeback Fighter of the Year[74]
Fightbooth.com
2013 Staredown of the Year (vs Abel Trujillo).[75]
MMAdna.nl
2017 Performance of the Year
World MMA Awards
2016 International Fighter of the Year.[76]
Sambo Sunting
World Combat Sambo Federation
2009 World Combat Sambo Championships (-74 kg) peraih Medali Emas[77][78]
Piala Dunia 2010 di Combat Sambo (-82 kg) peraih Medali Perak[79][80]
2010 World Combat Sambo Kejuaraan (-82 kg) peraih Medali Emas[81]
Combat Sambo Federasi Rusia
2009 rusia Combat Sambo Championships (-74 kg) peraih Medali Emas[82][83]
All-Rusia Sambo Federation
Kejuaraan Nasional Combat Sambo Rusia ke-21 (2010)[84] (Uji coba Tim Dunia -FIAS)
Bergulat Sunting
NAGA Kejuaraan Dunia
2012 Pria No-Gi Ahli Juara kelas Welter [85]
2012 ADCC Aturan No-Gi Ahli Juara kelas Welter
ARB (Pertarungan Tangan Kosong Militer) Sunting
Rusia Uni Seni Bela diri
Juara Eropa Pertarungan tangan kosong Militer
Pankration Sunting
Internasional federasi Pankration
Juara Pankration Eropa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *