Tes Wawancara TNI

Posted on

#Teswawancaratni #teswawancarapolri #tipswawancara

Banyak sekali calon siswa Secaba, Secata, Catar dll tidak mengerti apa yang harus dipersiapkan dalam mengikuti TES MI wawancara Mental ideologi , Mereka tidak siap ataupun mereka tidak mengerti. yuk simak video ini akan saya jelaskan dari pengalaman pribadi saya kemungkinan2 apa yang akan ditanyakan di soal mental ideologi,

Dan Terima kasih juga Bagi yang sudah menonton video ini.
Cek juga Video saya lainya 🙂
Jangan lupa SUBSCRIBE & Like ,Share video ini serta video-video lain-nya untuk mendukung channel ini.

Jika teman-teman ada saran untuk video selanjutnya, atau jika ada pertanyaan, tidak perlu ragu, komen saja dibawah!
Dan jika bermanfaat, jangan lupa share video ini, karena dengan share kalian sudah membantu saya dan berbagi ilmu! 🙂 Terimakasih

Buat adik adik yg ingin menjadi prajurit TNI buang kebiasaan sifat malas dan harus hidup penuh disiplin. Mulai sekarang!!! .
.
Jgn pakai sistem saat masih sekolah saat mau ujian baru mau belajar. Persiapkan diri sedini mungkin, minimal 3 bulan sebelum pendaftaran!!! Biasakan dr sekarang latihan fisik harus dengan tekun dan disiplin. .
.

Sekarang jaman modern informasi mudah di akses. Bayang kan dahulu para calon TNI berupaya keras mencari cara dan informasi untuk menjadi seorang TNI. .
.
Sekarang tinggal buka Channel www. youtube.com informasi disana merajalela dan siap untuk di akses salah satunya channel ini. Kendaraan pribadi, umum lengkap silahkan berjuang. Dulu para calon berjalan kaki, mereka petarung, mereka berjuang, niat, bayangkan itu!!!

Jangan ngaku ngaku pasukan tempur kalau belum pernah beol di kapal perang!!! Blm pernah merasakan debarkasi dan embarkasi saat menuju penugasan! Blm pernah merasa hidup berminggu minggu di kapal perang!!! ⚡⚡
jadi…siapkan dirimu sekarang juga
Cek juga Video saya lainya 🙂

Tes Samapta/Fisik : https://youtu.be/ynsXyDzmWhA
Kisah Menarik Casis daftar Tentar bayar : https://youtu.be/o-Jtkjm7bcc
Tes Kesehatan 2/Kes dalam : https://youtu.be/YF7a_S6dYIE
Tes Kesehatan 1 Mata : https://youtu.be/1rUJdFfW6lk
3 Hal yang membuat gagal Tes Kesehatan : https://youtu.be/IIz-i501dDc
Psikotes Masuk TNI POLRI : https://youtu.be/ciG90NT6uic
4 Masalah yang harus diketahui sebelum mandaftar TNI: https://youtu.be/krGdN3lMnEQ
Tes Kesehatan gigi : https://youtu.be/1cPn23YrB14
Lagu TNI Komando Full album 2019 : https://youtu.be/IgRN9hTkM9o
Tentara dua negara : https://youtu.be/bS96tXY0NIA
Tes Wawancara TNI MI : https://youtu.be/7dS-dQlu7Tg
Tes Rikmin / Administrasi : https://youtu.be/jS8ymeyKh50
Grup Whatsap : https://chat.whatsapp.com/GhKiOxOTHV7A5FnbLi1SOD
Fanpage : https://web.facebook.com/Djogjastory-300645773982798/
Terimakasih sudah menonton video ini Jangan lupa SUBSCRIBE Share & Like video ini serta video-video lain-nya untuk mendukung channel ini.
Jika kalian punya saran untuk video selanjutnya, atau jika ada pertanyaan, tidak perlu ragu, komen saja dibawah video ini..! Dan jika bermanfaat, jangan lupa share video ini, karena dengan share kalian sudah membantu saya untuk berbagi ilmu yang bermanfaat 🙂
Regards Admin

#NKRIHARGAMATI
#KOMANDO
#INDONESIAN OR ARMY

Badan Kepegawaian Negara (BKN) membocorkan kisi-kisi soal perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2019.

Kisi-kisi soal ini bisa menjadi panduan bagi anda yang ingin ikut seleksi PPPK atau P3K.

BKN resmi mengumumkan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Kepala Humas BKN, Mohammad Ridwan menjelaskan, penerimaan PPPK tahap I ini hanya terbuka untuk tiga formasi bidang, yakni guru, tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian.

Sementara pada tahap II baru akan dibuka untuk dosen perguruan tinggi negeri baru dan tenaga penyuluh pertanian.

pppk pppk
Baca: Rekrutmen PPPK Resmi Dibuka Hari ini, Portal sscasn.bkn.go.id Bisa Diakses Mulai Pukul 16.00 WIB

Baca: Kampus Unsulbar Disegel, Plt Rektor Nilai Tuntutan Aliansi Ranahnya Kementerian

Baca: INGAT, Link Penerimaan PPPK sscasn.bkn.go.id Hanya Bisa Diakses Mulai Jam 4 Sore, Ini Panduannya

Mereka yang bisa mendaftar PPPK 2019 adalah eks tenaga honorer K2 yang telah masuk database BKN sejak 2013.

“Jumlah PPPK yang akan diterima 150 ribu orang. Namun, di tahap I ini tergantung berapa provinsi dan kabupaten yang ikut,”kata Ridwan.

Seleksi akan berlangsung di 540 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Ridwan juga mengumumkan jadwal resmi tahapan pendaftaran PPPK 2019 tahap I:

Login sscasn.bkn.go.id, Pendaftaran PPPK 2019 Dibuka Hari Ini, Berikut Jadwal, Syarat, Formasi
Login sscasn.bkn.go.id, Pendaftaran PPPK 2019 Dibuka Hari Ini, Berikut Jadwal, Syarat, Formasi (Tribunnews)
Berikut jadwal lengkapnya:

Pengumuman: 8 Februari 2019
Pendaftaran Online: 10-16 Februari 2019
Validasi data: 10-16 Februari 2019
Verifikasid data pelamar: 17 Februari 2019
Pengumuman Seleksi administrasi: 18 Februari 2019
Tes CAT: 23-25 Februari 2019
Pengumuman Akhir : 1 Maret 2019
“Verifikasi dan validasi yang dilakukan sejumlah kementerian, seperti Kemdikbud dan Kemenag. Selain itu, bergantung pada pemerintah daerah,” tambah Ridwan.

Menurutnya, pemerintah daerah bertugas memverifikasi data calon PPPK.

“Kita harap sebelum Pilpres 2019, seluruh CPNS dan PPPK yang lulus sudah bisa masuk di instansi masing-masing. PPPK tetap bekerja di instansinya, tapi sudah status PPPK,”jelas Ridwan.

Bocoran Soal

Kepala Biro Humas BKN, Muhammad Ridwan memberi sedikit bocoran mengenai tahapan tes seleksi untuk PPPK tersebut.

Meskipun tidak akan ada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), namun para calon PPPK tetap akan melaksanakan tes menggunakan komputer atau Computer Assisted Test(CAT).

“Kisi-kisi soalnya nanti tidak akan SKD. Jadi setelah seleksi administrasi akan ada seleksi manajerial, sosio kultural dan teknis,” jelasnya di Jakarta, Jumat (8/2).

Ridwan menambahkan tes ini tidak akan sesusah SKD pada seleksi CPNS.

“Nanti soalnya dijamin tidak susah, misal untuk guru ya akan di tes mengenai guru lagi. Tapi kan itu sudah menjadi kegiatan mereka sehari-hari,” ujarnya.

“Soal untuk PPPK tidak akan out of the box, misalnya lagi tenaga kesehatan nanti akan dites bagaimana cara mereka melayani orang-orang seperti biasanya.

Jadi tidak akan ada yang gagal karena jawabannya sudah dilakukan setiap hari oleh mereka, jadi tidak akan lagi yang gagal pas CAT seperti CPNS yang gagal saat SKD di TKP atau TKW lainnya,” tandasnya.

Materi Ujian

Tak seperti seleksi CPNS, calon PPPK tak perlu mengikuti Tes Kompetensi Dasar.

Namun, tahapan tes yang mereka akan lalui meliputi manajerial dan sosio kultural.

Namun, tetap menggunakan sistem Computer Assited Test atau CAT.

Selain itu, calon PPPK juga akan mengikuti tes wawancara mengenai wawasan kebangsaan.

Contoh Soal

Terkait Soal Tes Seleksi PPPK ditegaskan dalam pasal Pasal 19 PP Nomor 49 Tahun 2018 bahwa Seleksi pengadaan PPPK terdiri atas 2 (dua) tahap yakni a) seleksi administrasi; dan b) seleksi kompetensi.

Adapun yang dimaksud Seleksi administrasi adalah proses untuk mencocokkan persyaratan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen pelamaran.

Sedangkan Seleksi kompetensi dilakukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Selanjutnya dijelaskan dalam Pasal 22 PP Nomor 49 Tahun 2018 bahwa Seleksi kompetensi teknis terdiri atas: a) Seleksi kompetensi untuk jabatan yang mensyaratkan sertifikasi profesi; dan b) Seleksi kompetensi untuk jabatan yang belum mensyaratkan sertifikasi profesi.

Seleksi kompetensi teknis untuk jabatan yang mensyaratkan sertifikasi profesi dilakukan dengan uji kompetensi untuk menentukan peringkat.

Sedangkan Seleksi kompetensi teknis untuk jabatan yang belum mensyaratkan sertifikasi profesi dilakukan dengan uji kompetensi untuk menentukan ambang batas kelulusan dan peringkat.

Berdasarkan uraian di atas Soal Tes Seleksi PPPK untuk Jabatan Guru diprediksi soal tes akan sama dengan Soal UKG atau mirip dengan soal Tes SKB CPNS Guru.

Jadi mengacu pada pasal 22 PP Nomor 49 Tahun 2018, Soal Tes Seleksi PPPK guru akan sama dengan Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) atau soal Tes SKB CPNS Guru.

Bagi yang sudah pernah mengikuti UKG, Pretes PPG, SKB dan lainnya tentu seleksi seperti ini tidak asing lagi dan mudah-mudah dapat lulus.

Berikut link Kisi-kisi soal PPPK 2019: KLIK DISINI

33 thoughts on “Tes Wawancara TNI

  1. Untung saya dah lulus taruna al,
    Tips nya untuk mental ideologi tetap pelajari dan selalu berkata jujur karna tim tes MI tau kalau anda berbohong kalau tidak tau katakan tidak tau… itu aja sedikit tips

  2. saya dulu pengen masuk TNI, cuma ya tak diperbolehkan oleh keluarga sayaa.. walaupun saya ngotot pun tetap tak diberikan izin . yasudahh saya tidak mendaftar sampai saat ini .. mau bagaimanapun pun ya restu dari keluarga juga penting …. kalau tak dapat izin ya apa boleh buat bagi saya … mungkin ada rezeki lain diluar sana …….. buat yg daftar, semoga lolos amin 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *