Tidak Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2019, Segera Lakukan Ini

Posted on

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menjelaskan soal jadwal pendaftaran CPNS sampai dengan proses penyeleksian.

Berbeda dari penerimaan seleksi CPNS sebelumnya, kali ini pelamar bisa menyanggah apabila merasa dalam proses administrasi tidak lolos.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pendaftaran CPNS 2019 akan berlangsung selama 14 hari. Pendaftaran mulai dilakukan dari tanggal 11 November sampai tanggal 25 November mendatang.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memaparkan jadwal-jadwal pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pendaftaran akan dilakukan pada 11 November 2019 mendatang.

Setelah itu, pada 16 Desember 2019 akan diumumkan hasil seleksi administrasinya. Tahun ini, para pelamar CPNS bisa melakukan sanggahan apabila keberatan bila hasil seleksi administrasinya tidak lolos.

Para pelamar diberikan waktu 3 hari untuk melakukan sanggahan, sampai dengan 19 Desember 2019.

“Tanggal 16 Desember saat mengumumkan hasil penyeleksian administrasi, apabila keberatan dengan hasilnya, bisa disanggah. Kita berikan waktu tiga hari. Proses masa sanggah ini sama persis seperti penyelenggaraan barang dan jasa,” tutur Bima di kantor KemenPAN-RB, Rabu (30/10/2019).

Hal itu kata Bima untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses penyeleksian CPNS.

Setelah proses administrasi diumumkan, pada Februari 2020, peserta yang lolos langsung mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Kendati demikian, kata dia, tidak menutup kemungkinan SKD akan dilakukan pada pertengahan Januari tergantung kesiapan dari Kementerian dan Lembaga yang bersangkutan.

“Apabila kementerian/lembaga yang sudah siap bisa kita lebih awal pertengahan Januari bisa kita lakukan,” ucapnya.

Setelah tes seleksi SKD, kemudian dilanjutkan pada seleksi kompetensi bidang (SKB). Diharapkan pada April, seluruh penerimaan CPNS bisa rampung, agar tidak mengganggu proses seleksi CPNS 2020.

“Setelah SKD , perencanaan SKB pada bulan April sudah selesai proses penerimaan. Karena kita arus mengantisipasi kalau ada penerimaan CPNS 2020,” jelasnya. (dru)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *